susu biasa dan susu penambah berat badan untuk anak memang terlihat sama namun sebenarnya menggunakan komposisi bahan-bahan yang berbeda karena tujuannya saja sudah berbeda. Susu biasa dibagi menjadi dua jenis: susu skim, susu 1% dan susu 2%. Susu penambah berat badan, di sisi lain, dipasok dalam bentuk susu utuh atau whole milk.

Susu utuh memiliki lebih banyak lemak dan kalori daripada jenis susu lainnya dan efektif untuk menambah berat badan dibandingkan susu biasa. Meskipun susu biasa juga dapat meningkatkan berat badan apabila diminum secara berlebih.

Namun, susu yang disediakan khusus untuk menambah berat badan memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi. Misalnya, dalam hal kandungan kalori, susu biasa memiliki sekitar 80-140 kalori per gelas dan susu untuk menambah berat badan memiliki 600-1.280 kalori per gelas.

Manfaat Susu Penambah Berat Badan

Manfaat utama pemberian susu penambah berat badan adalah tentu untuk membantu orang untuk menambah berat badan sehingga memiliki berat badan yang lebih ideal. Namun, jelas bahwa mengonsumsi susu saja tidak cukup dan Anda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menambah berat badan yang didapatkan dari makanan bergizi yang lain.

Pilihlah makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan berat badan karena susu hanyalah suplemen dan bukan pengganti makanan bagi orang yang ingin menambah berat badan. Minum susu yang tepat untuk menambah berat badan bersama dengan diet yang tepat dapat membantu Anda menambah berat badan lebih cepat dan efektif.

Komposisi Susu Penambah Berat Badan

Disarankan untuk minum susu penambah berat badan untuk anak dua kali sehari. Untuk hasil terbaik ajak anak untuk aktif berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat. Pada umumnya susu penambah berat badan memiliki kandungan yang sama dengan susu biasa, namun jumlahnya berkali-kali lipat lebih banyak.

Secara umum, susu biasa mengandung 200-220 kalori untuk penambahan berat badan, 5g lemak, 15g protein, dan 17g gula. Minum susu biasa yang lebih banyak memang bisa menambah berat badan namun tidak disarankan karena beberapa hal.

Misalnya jumlah gula pasir mencapai 17 gram, tetapi jika diminum tiga kali sehari, maka gula yang dikonsumsi adalah 51 gram. Namun, asupan gula harian yang disarankan hanya 50 g, jadi asupan Anda harus mengikuti asupan harian yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Terbaik

Untuk menambah berat badan, tentu Anda harus memilih susu penambah berat badan untuk anak yang tepat. Untuk anak-anak, Nestle mengeluarkan produk susu penambah berat badan Nutren Junior yang memiliki kandungan protein whey serta kandungan vitamin dan mineral yang lengkap sehingga bukan hanya menambah berat badan namun juga untuk mendukung tumbuh kembangnya.