Agar tetap sehat, maka kamu tidak boleh mudah tergoda. Maka dari itu, kamu perlu lebih mindful dengan apa yang kamu makan, serta menerapkan disiplin. Namun, bukan hanya makanan, kamu juga perlu memperhatikan apa yang kamu minum.

Nyatanya ada beberapa jenis minuman yang ternyata mempunyai kalori tinggi lho. Alhasil bisa menyebabkan tertimbunnya lemak berlebih dalam tubuh. Yuk, kita bahas satu-satu jenis minuman apa saja yang berkalori tinggi.

1. Smoothies

Smoothies kerap kali terbilang minuman yang sehat karena mengandung berbagai jenis buah-buahan. Walau pun memang di satu sisi kaya akan serat, tapi kandungan smoothies juga mengandung banyak kalori.

Jika mengandung terlalu banyak bahan, maka satu gelas smoothie dapat mencapai 300-600 kalori lho. Terutama mengandung terlalu banyak bahan pemanis, seperti es krim, sirup, dan pemanis lainnya.

Karena itu, ada baiknya jika kamu membuat smoothies sendiri. Jangan lupa juga untuk mengganti gula dengan madu, serta es krim dengan susu atau yogurt rendah lemak.

2. Energy Drink

Energy drink atau minuman energi biasanya dapat membantu kamu ketika lelah atau mengantuk. Kamu pun akan mendapat energi tambahan.

Namun, mengingat energi sendiri datang dari glukosa, minuman berenergi tidak lepas dari kandungan gula yang tinggi. Satu kaleng saja bisa mencapai 100-200 kcal. Maka dari itu, jangan terlalu sering meminum energy drink ya.

3. Kopi Kekinian

Siapa sih yang tidak mengenal berbagai jenis kopi kekinian? Mungkin kamu kerap kali meminumnya demi kafein yang membangunkan kamu di pagi hari.

Namun, kopi semacam ini juga berkalori tinggi. Hal ini karena kopi tersebut sudah mengandung banyak pemanis buatan. Misalnya saja, caramel latte, irish creme, hingga moccacino. Kandungan kalorinya sendiri bisa mencapai 500 kcal. Maka dari itu, jika kamu membutuhkan kafein, ada baiknya untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula.

4. Minuman Koktail

Jika kamu menyukai koktail, mungkin kamu sudah tidak asing dengan martini, margarita, pina colada, hingga long island iced tea. Namun, sayangnya semua minuman koktail ini mengandung banyak gula. Bahkan segelas margarita saja bisa setara dengan 800 kcal.

5. Sirup

Siapa sih yang tidak suka dengan minuman yang cocok untuk buka puasa ini? Namun, perlu kamu ingat bahwa minuman yang terbuat dari sirup, atau minuman yang berwarna pada umumnya, memiliki kandungan pemanis buatan. Ini berarti kandungan gula yang ada dalam minuman tersebut juga sangat tinggi. Bahkan sebuah gelas sirup dapat mengandung hingga 850 kcal dengan 150 gram gula lho.

6. Minuman Bersoda

Mulai dari berbagai jenis minuman bersoda yang bermerk hingga es soda gembira. Semua jenis minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang sangat banyak. Maka dari itu, soda menjadi salah satu penyebab utama masalah diabetes di Amerika.

Tak hanya itu, terlalu banyak minum soda juga dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti gangguan ginjal dan kelebihan berat badan. Keduanya pun dapat memberikan risiko bagi tubuh kamu.

Tidak Boleh Minum Sama Sekali?

Bukan berarti kamu tidak boleh minum 6 jenis minuman di atas sama sekali. Hanya saja, pastikan kamu tidak meminumnya terlalu sering, bahkan sampai setiap hari.

Kamu juga bisa memastikan kalori kamu tidak berlebihan dengan mencari tahu kebutuhan kalori kamu. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan kalkulator kalori saja. Kalkulator ini akan menyesuaikan dengan jenis kelamin, umur, serta level aktivitas fisik kamu dan memberi tahu kamu berapa kalori maksimal kamu per hari.

Jika kalori harian kamu belum berlebihan, kamu boleh mengonsumsi minuman di atas. Namun, bagaimana pun juga, terkadang kita suka kelupaan untuk menghitung dan berakhir dengan kalori berlebih.

Maka dari itu, pastikan kamu juga melakukan olahraga dan mengantisipasi segala penyakit yang mungkin datang. Beruntungnya, kamu sudah bisa mendapatkan perlindungan sesuai tagihan untuk berbagai penyakit mulai dari Rp50.000-an saja per bulannya. Klaimnya juga mudah karena hanya menunjukkan kartu keanggotaan saja lho!

Daripada penasaran, coba cek dulu saja produk asuransi kesehatan di Super You.