Apa yang akan kamu lakukan ketika kehilangan konsentrasi atau fokus? Baik dalam melakukan pekerjaan dalam aktivitas keseharian hingga belajar, membutuhkan fokus dan konsentrasi. Kehilangan konsentrasi mampu mempengaruhi kinerja otak dalam menyerap informasi. Sebab itu, dalam mendukung kinerja otak agar optimal baik makanan maupun pola hidup menjadi kunci penting sebagai cara meningkatkan konsentrasi belajar.

Otak individu perlu fokus dan konsentrasi dalam memproses informasi maupun memecahkan suatu permasalahan. Terutama ketika berbicara belajar dan bekerja. Konsentrasi sendiri bisa diartikan dengan kemampuan otak untuk menaruh pusat perhatian maupun pikirannya pada suatu hal tertentu pada jangka waktu tertentu. Konsentrasi merupakan kunci individu untuk optimal dalam menjalani hari mereka. Bila kamu memiliki masalah konsentrasi, ada baiknya mencari cara meningkatkan konsentrasi belajar yang tepat.

Konsentrasi sendiri terkadang sulit didapat bagi beberapa individu. Penurunan konsentrasi pada individu dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Supaya bisa mengatasinya dan menemukan cara meningkatkan konsentrasi belajar yang tepat, kamu perlu mengetahui penyebab penurunan konsentrasi yang terjadi. Berikut merupakan beberapa alasan konsentrasi individu mudah teralihkan.

  1. Kelelahan fisik. Terlalu banyak tugas yang diberikan dan jadwal yang padat terkadang menyebabkan kelelahan fisik. Kurangnya istirahat dan memaksa otak terus bekerja menjadi alasan utama fokus dan konsentrasi teralihkan karena lelah.
  2. Penggunaan gadget berlebih. Gadget bisa menyita perhatian kamu bila terlalu fokus dan sering memainkannya. Gadget mampu membuat penggunanya kecanduan dan tidak bisa lepas. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa mengalihkan fokus dan konsentrasi pada objek tertentu ke gadget.
  3. Suasana dan ruangan yang kurang kondusif. Alasan individu mudah sekali pecah konsentrasinya adalah karena lingkungan yang kurang kondusif. Suasana gaduh maupun ruangan yang kurang nyaman menyebabkan sulit berkonsentrasi dan fokus karena teralihkan. Mencari ruangan yang aman dan nyaman disarankan untuk belajar maupun mengurus pekerjaan.
  4. Lingkungan yang kurang mendukung. Pemicu berkurangnya konsentrasi anak sendiri ada berbagai hal. Dimana salah satunya adanya paksaan orangtua untuk belajar ataupun tekanan dari berbagai pihak. Hal ini mampu mempengaruhi mental individu dan menyebabkan individu kesulitan untuk fokus dan konsentrasi maksimal.
  5. Konsumsi nutrisi yang kurang. Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang tumbuh kembang anak. Anak membutuhkan beberapa nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya. Mulai dari omega 3, omega 6 hingga ragam vitamin dan mineral. Konsumsi nutrisi yang kurang bisa menghambat otak untuk menyerap informasi.

Lima poin diatas menjadi alasan dasar kamu kesulitan untuk konsentrasi. Ada beragam upaya yang bisa kamu lakukan untuk mendukung konsentrasi belajar. Salah satunya adalah konsumsi kafein untuk jangka waktu tertentu. Kafein seperti kopi bisa menjadi teman untuk nugas ataupun mengerjakan deadline kantor yang menumpuk.