Ketika anda memiliki bisnis dan ingin bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar maka anda perlu menerapkan CSV (Creating Shared Value) pada perusahaan anda. Apa itu CSV? CSV sendiri bisa menciptakan manfaat bagi para pemegang saham dan ia akan menciptakan manfaat bagi masyarakat pula. CSV sendiri telah menawarkan strategi alternatif dalam menerapkan tanggung jawab sosial perusahaannya. Oleh karena itu, meninjau secara kritis akan sangat mempengaruhi peran CSV bagi perusaaan sehingga anda perlu memahami betul apa yang akan dilakukan oleh CSV dalam bisnis anda.

Tinjauan CSV Bagi Perusahaan

Ada berbagai tinjauan yang perlu diperhatikan dalam CSV ini. Tinjauan secara kritis memang penting agar perusahaan bisa benar-benar menjalankan misi perusahaan dengan baik. Tinjauan yang pertama terkait dengan CSV adalah strategi ini bisa bias ekonomi. Hal itu disebabkan karena program apapun yang dilakukan dalam rangka share value harus bisa dikalkulasi keuntungannyaa secara ekonomis bagi perusahaan dan masyarakat. Ini bisa berbahaya karena dunia usaha biasanya memaknainya bahwa program yang dilakukan untuk pengembangan masyarakat haarus memberi kontribusi ekonomi baginya.

Selain itu, mengetahui apa itu CSV juga penting karena anda bisa mengetahui bahwwa SV hanya diterapkan dalam hubungan bisnis antara perusahaan dan masyarakat penerima manfaat saja. Oleh karena perusahaan telah berperdan dalam mengembangkaan peluang usaha masyarakat maka kemudian mereka akan membuat aturan-aturan yang membatasi ruang gerak penerima manfaatnya. Aturan seperti ini juga akan menimbilkan ketergantungan dan lama kelamaan akan mematikan usaha masyarakat.

Mengapa perlu CSV?

Dengan melihat berbagai macam tinjauan yang ada maka CSV ini memang perlu dikaji dengan lebih baik lagi karena tidak sedikit pula perusahaan berpendapat bahwa merekrut sebanyak-banyaknya masyarakat setempat sebagai pegawai merupakan SV yang terbaik. Dunia Usaha memang harus membuka peluang bisnis bagi masyarakat setempat untuk berkompetisi menjadi pekerja dan bahkan jika perlu ada kebijakan afirmatif untuk masyarakat setempat agar bisa mengakses lebih mudah menjadi pekerja perusahaan. Akan tetapi, tentu saja hal itu peerlu dilakukan secara proporsional. Denga membuka peluang sebanyak-banyaknya maasyarkat juga bisa menjadi pegawai biasa akan tetapi hal itu juga bisa berbahaya jika dilakukan dalam jangka panjang terutama bagi perusahaan yang berbahan baku sumber daya tak terbarukan.

Oleh karena itu, mengetahui peran apa itu CSV pada perusahaan sangatlah penting sehingga nanti suatu saat jika perusahaan tutup maka masyarakat masih bisa bertahan dengan pekerjaan mereka. Selain itu, CSV selain dimaknai sebagai hubungan antara perusahaan dengan masyarakat semata sehingga pemerintah akan diabaikan. Jika pemerintah dilibatkan maka peranannya pun terbatas pada hal-hal yang teknis seperti sebagai trainer dalam pelatihan. Dengan demikian, melibatkan pemerintah berarti mensinergikan program masing-masing menjadi suatu gerakan bersama untuk memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat.