Penglihatan yang tidak jelas dan buram seringkali membuat orang terganggu. Kondisi ini biasanya terjadi pada kisaran umur di bawah 40 tahun. Gangguan mata seperti ini paling sering terjadi pada orang yang bekerja dengan menggunakan media seperti komputer atau laptop setiap harinya. Sehingga banyak orang yang mengeluhkan kondisi ini. Namun, ternyata ada berbagai cara mengurangi mata minus yang bisa dilakukan secara mudah.

Cara Mengurangi Rabun Jauh

Saat mata dirasa telah terlalu buram untuk melihat ke arah obyek yang jauh di depan mata, atau mengalami rabun jauh, banyak orang yang memilih menggunakan kacamata untuk mengatasinya.

Cara ini memang ampuh, tapi terkadang menggunakan kacamata juga bisa terasa tak nyaman di berbagai waktu dan kondisi tertentu sehingga banyak orang yang menginginkan rabun di matanya cepat hilang. Jika Anda salah satu orang tersebut, maka bisa gunakan beberapa cara berikut:

1.     Lakukan Relaksasi Mata

Hal pertama yang bisa Anda coba untuk mengurangi kondisi mata rabun ialah melakukan relaksasi mata. Banyak riset yang telah membuktikan jika rutin melakukan relaksasi mata maka rabun mata bisa berkurang secara efektif.

Sehingga banyak dokter yang menyarankan pasien untuk melakukannya. Terlebih lagi Anda bisa melakukan hal ini dengan mudah dan secara mandiri di rumah tanpa harus repot pergi ke dokter.

2.     Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat dan Vitamin

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan sebagai cara mengurangi mata minus adalah mengonsumsi lebih banyak makanan yang berserat serta konsumsi vitamin. Vitamin dinilai sangat berpengaruh besar sebagai sumber nutrisi yang bisa menyehatkan kondisi mata.

Ada berbagai makanan yang memiliki banyak vitamin di sekitar Anda yang bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi secara rutin tiap hari seperti wortel, tomat dan apel. Anda bisa konsumsi langsung atau meramunya menjadi jus sayur dan buah.

3.     Lakukan Senam Mata

Melakukan senam mata juga tak kalah efektif untuk dicoba agar bisa mengurangi kondisi mata rabun yang terjadi. Senam mata juga tak sulit untuk dilakukan serta mudah untuk dilakukan sendiri. Contoh dari senam yang bisa dilakukan ialah mencoba untuk memfokuskan arah pandangan mata pada sebuah titik yang dekat maupun jauh.

4.     Kurangi Menatap Layar Komputer Maupun Ponsel

Penyebab utama mata rabun yang paling sering terjadi ialah karena mata yang terlalu lama berhadapan langsung dengan layar komputer dan ponsel. Ada baiknya untuk Anda mengurangi penggunaan benda-benda tersebut dan mengistirahatkan mata agar mata tak lelah dan mengurangi resiko mata rabun bertambah.

5.     Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan mata secara rutin dan berkala juga bisa membantu kondisi mata Anda. Dengan adanya pemeriksaan tersebut maka Anda bisa dengan mudah mengetahui kondisi mata sehingga jika ditemukan hal yang mungkin bisa membahayakan diri dan hal tersebut bisa ditangani secepatnya.

Diatas adalah beberapa cara mengurangi mata minus yang mudah dan mungkin bisa membantu Anda. Mata rabun sendiri bisa bertambah dan berkurang dengan mudah tergantung dari cara perawatan kesehatan mata.