Seberapa sering anak anda melakukan olahraga? Dalam menjaga kebugaran tubuh anak dan membangun imunitas tubuh anak yang baik, kegiatan olahraga perlu dilakukan. Latihan fisik seperti olahraga sendiri bisa dilakukan dimanapun termasuk dirumah saja. Tidak hanya mendukung anak untuk aktif bergerak saja, namun olahraga perlu dilakukan untuk menunjang kebugarannya. Sebab, banyak sekali manfaat olahraga bagi anak anak dalam masa tumbuh kembang mereka.

Anak yang ikut pendidikan pre-school pasti mendapatkan menu pembelajaran berupa olahraga. Hal ini dikarenakan olahraga cukup esensial bagi anak. Olahraga bisa menunjang pembentukan otot tubuh anak. Dengan melakukan kegiatan olahraga, imunitas tubuh anak juga semakin terbentuk dengan baik. Selain itu, olahraga juga akan membentuk karakter anak dan juga mengajarkannya bersosialisasi dengan baik. Sebab itu, manfaat olahraga bagi anak – anak cukup esensial.

Mengapa olahraga bisa menguatkan otot tubuh baik anak maupun orang dewasa? Olahraga sendiri memang berpusat pada serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk melatih otot tubuh. Kegiatan ini bisa mendukung kesehatan anggota gerak tubuh dan sistem metabolisme dalam tubuh. Kurangnya olahraga akan menyebabkan otot mudah kaku dan menghambat tumbuh kembang anak. Sehingga manfaat olahraga bagi anak – anak sangat penting.

Berikut ini merupakan beberapa alasan olahraga dibutuhkan oleh anak semasa pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Menguatkan anggota gerak tubuh

Kegiatan olahraga yang dilakukan oleh anak bisa membantu pembentukan massa otot. Tentunya massa otot yang padat dan kuat bisa mendukung anggota gerak tubuh untuk aktif bergerak kemanapun. Hal ini menunjang mobilitas anak kemanapun dan juga mendukung tumbuh kembangnya yang masih bertambah tinggi. Selain itu, kekuatan massa otot juga menjadi investasi bagus untuk anak dimasa tua karena bisa mengurangi cedera akibat otot kaku dan kesulitan bergerak.

  1. Meminimalisir cedera

Sebelum melakukan olahraga, perlu dilakukan pemanasan dan pendinginan untuk meminimalisir resiko cedera. Tubuh yang sudah terlatih untuk aktif bergerak dengan ritme tertentu akan lebih mudah digerakan kemanapun. Sebab itu, kemungkinan tubuh anak cedera sangat kecil. Hal ini didukung juga oleh kesehatan massa otot tubuh anak yang terus dilatih.

  1. Mendukung postur tubuh anak

Selama masa tumbuh kembang, anak akan mengalami perubahan postur tubuh secara bertahap. Dengan olahraga rutin maka saat masa tumbuh kembang tersebut anak akan memiliki postur tubuh yang baik karena otot mereka terjaga. Selain itu, anak akan memiliki keseimbangan yang baik karena massa otot yang kuat. Tentu saja ini membantu saat mereka bergerak.

  1. Menjaga berat badan ideal anak

Saat melakukan olahraga, anak akan terus aktif bergerak. Tentu saja ini akan membantu anak untuk melatih anggota gerak mereka dan juga membantu mereka dalam membakar lemak tubuh mereka. Tentu saja ini akan menyehatkan sistem metabolisme tubuh anak.