Puasa bukan alasa untuk tidak melakukan rutinitas yang menyehatkan yaitu berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat serta membuat otot tetap kencang.  Sebenarnya puasa pada saat bulan puasa menjadi nilai plus karena dapat membakar kalori 2-3 kali lebih cepat di bandingkan hari biasanya sehingga tingkat keberhasilan dalam menurunkan berat badan menjadi lebih tinggi.

Meskipun memberikan progres yang baik dalam program diet tapi juga harus di perhatikan jumlah waktu yang digunakan untuk berolahraga saat puasa dan perlu mengetahui waktu yang tepat untuk olahraga.

Kapan waktu yang tepat untuk olahraga

Waktu berolahraga saat puasa sebaiknya hindari waktu pada saat perut sedang lapar-laparnya, hal ini bisa berakibat fata pada tubuh. Mulai dari lemas, pusing hingga pingsan pun bisa terjadi. Ini di sebabkan tubuh mengalami dehidrasi, berolahrga saat puasa di waktu yang kurang tepat.

Agar tidak terjadi hal buruk seperti itu maka perlu tau waktu yang tepat dan benar untuk berolahrga saat puasa. Dibawah ini adalah beberapa waktu yang bisa di gunakan untuk berolahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa di bulang suci ramadhan.

  1. Olahraga setelah makan sahur

Setelah makan sahur menjadi salah satu waktu yang cocok untuk berolahrga. Pasalnya ketika setelah satu tubuh sudah mendapatkan energi yang cukup dari mengkonsumsi makanan dan minuman pada saat sahur. Oleh karena itu anda bisa melakukan olahraga secukupnya. Jangan lakukan olahraga berlebihan yang berakibat pada habisnya energi setelah olahraga dan merasa lemas ketika sedang berpuasa.

Olahraga ringan seperti meranton keliling rumah menjadi salah satu alternatif olahraga yang bisa di lakukan setelah sahur. Inga pastikan anda menyisakan energi untuk menjalan ibadah puasa hingga waktu berbuka. Dari pengalaman pribadi saya, olahraga setelah sahur membuat badan  terasa lebih segar.

  1. Olahraga sebelum berbuka puasa

Menjelang berbuka puasa adalah salah satu waktu yang baik untuk olahraga. Olahraga saat berbuka tentunya tidak boleh terlalu lama, tentunya anda bisa mengukur seberapa lama anda mampu berolahraga sebelum berbuka. Sebelum berbuka tentunya perut terasa kosong, berolahraga akan membakar lemak secara ekstrem maka dari itu perlu di tekankan sekali lagi untuk mengetahui seberapa kuat kapasistas tubuh anda mampu berolahraga agar tidak berakibat buruk pada tubuh.

Berolahraga sebelum berbuka sebaiknya di lakukan antara 30-60 menit sebelum berbuka agar tubuh tidak terasa terlalu lelah.

  1. Olahraga sesudah berbuka puasa

Dari sekian banyak waktu, ini merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Selain membakar kalori yang baru saja masuk kedalam tubuh tapi juga tubuh memiliki banyak energi untuk melakukan aktivitas secara ekstrak.

Secara umum olahraga di bukan puasa memang lebih beresiko di bandingkan hari-hari biasanya. Jadi cukup dengan intensistas ringan saja olahraganya agar tubuh tetap sehat di bulan puasa.

Agar olahraga di bulan puasa tetap bisa berjalan rutin tentunya di butuhkan energi yang lebih untuk melakukannya. Oleh sebab itu sebelum sahur dan sesudah berbuka sebaiknya mengkonsumsi susu tinggi protein agar tubuh tetap kuat saat berpuasa dan berolahraga dalam satu waktu secara bersamaan.