Susu Nutrisi Untuk Orang Sakit

Seiring bertambahnya usia, orang lanjut usia memiliki banyak alasan untuk menolak makan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa merawat lansia yang sulit diajak makan. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti termasuk salah satunya juga memberikan susu nutrisi untuk orang sakit.

Tips Memberi Makan Lansia yang Sakit

1. Cari tahu penyebabnya

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi lansia sulit makan adalah dengan mencari tahu apa penyebab lansia sulit makan. Karena penyebabnya mungkin tidak datang dari dirinya sendiri. Misalnya, beberapa obat dapat menyebabkan seseorang kehilangan nafsu makan.

Selain itu, ada juga jenis gigi palsu yang membuat lansia merasa nyeri saat mengunyah. Saat Anda mengetahui penyebab susah makan pada lansia, Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengajak mereka makan bersama dan membantu meningkatkan nafsu makannya kembali.

2. Siapkan makanan sesuai kebutuhan nutrisi

Memberikan variasi makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi lansia. Mulailah dengan protein yang baik untuk menjaga kekuatan otot pada lansia. Namun, tawarkan makanan yang mudah dikunyah seperti keju, yogurt, roti dengan selai kacang, atau tuna. Selain itu, sediakan juga buah dan sayur. Pasalnya, kedua makanan tersebut kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Penyerapan nutrisi ini sangat penting untuk mencegah penyakit. Jika lansia yang Anda rawat kesulitan makan karena tidak bisa mengunyah makanan, bantu mereka menyiapkan buah dan sayur agar lebih mudah makan. Anda bisa membuatnya menjadi smoothie atau merebus sayuran agar lebih mudah dikunyah.

3. Utamakan pilihan makanan lansia

Orang lanjut usia yang mengalami kesulitan makan akan lebih “terjangkau” dengan makanan yang disukainya. Selain itu, orang tua cenderung lebih suka makan dalam jumlah sedikit. Jika lansia memiliki preferensi makanan tertentu, setidaknya tawarkan hidangan tersebut untuk menarik perhatian lansia. Misalnya, jika lansia suka minum susu, berilah mereka susu kapan saja mereka mau makan. Hal ini dapat meningkatkan nafsu makan lansia dan memudahkannya untuk menghabiskan makanan lainnya.

4. Dekati dengan cara yang baik

Orang dewasa yang lebih tua cenderung lebih rentan. Jadi jangan memaksakan kehendak Anda jika Anda ingin membantunya atau mengajaknya makan. Hindari berebut makanan, karena ini dapat memperburuk situasi. Orang dewasa yang lebih tua yang mengalami kesulitan makan mungkin menjadi semakin pemarah dan mungkin menolak untuk makan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, bantulah lansia dengan cara yang baik. Misalnya, gunakan kata-kata yang sopan dan sikap pekerja keras. Anda juga dapat mengundang teman mereka ke rumah Anda, karena orang yang lebih tua akan lebih menikmati makan saat mereka bersama teman. Susu nutrisi untuk orang sakit yang direkomendasikan adalah Boost Optimum yang mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang merawat lansia yang kesulitan makan.

By admin