Setiap orang tua pasti ingin anaknya cepat bicara agar dapat berkomunikasi dengannya. Oleh sebab itu, peran orang tua penting dalam perkembangan kemampuan bicara anak. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi anak agar cepat bicara. Berikut 5 cara agar anak cepat bicara, simak pembahasannya berikut ini.

1. Sering Ajak Anak Berbicara

Cara yang paling bagus untuk merangsang anak agar cepat bicara adalah dengan sering mengajak anak berbicara atau mengobrol dengan anak. Cobalah untuk bercerita terlebih dahulu dan buat anak nyaman dengan cerita yang Anda sampaikan. Anda juga bisa bercerita hal yang menarik seperti pengalaman Anda yang lucu.

Anak akan mengamati proses Anda dalam berbicara dan akan mulai menikmati obrolan Anda. Sehingga kosa kata yang diperoleh oleh anak juga akan semakin banyak. Oleh sebab itu, walaupun anak belum bisa berbicara, cobalah untuk ajak mengobrol dan bercerita setiap harinya untuk menstimulasi kemampuan bicaranya.

2. Bacakan Dongeng

Dongeng merupakan salah satu sarana yang bisa digunakan untuk menstimulasi kemampuan bicara anak. Hal ini dikarenakan dengan mendongeng maka anak akan mendapatkan kosa kata yang banyak juga. Cerita yang dibawakan oleh orang tua yang menarik juga akan membangkitkan kecerdasan emosional dari sang anak.

3. Ajak Anak Bernyanyi Bersama

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menstimulasi anak agar cepat berbicara adalah dengan mengajaknya bernyanyi bersama. Irama yang ada saat menyanyi akan membuat anak senang dan tertarik. Namun, Anda juga harus memperhatikan lagu yang dinyanyikan, pakailah lagu yang memang dibuat untuk anak.

4. Ajari Nama Benda yang Ada di Sekitar

Cara agar anak cepat bicara selanjutnya adalah dengan mengajari anak terkait nama-nama benda yang ada di sekitarnya. Dengan menunjukkan objek yang ada akan membuat anak bisa mengingat kata yang Anda sampaikan. Misalnya saat berada di dapur, maka Anda bisa menunjukkan piring lalu menyebutkan namanya dengan pelafalan yang sederhana.

5. Perbaiki Kata yang Tidak Sempurna

Saat anak mengatakan suatu kata dengan pelafalan yang kurang sempurna, maka Anda bisa membenarkannya. Ini berlaku jika anak Anda sudah menginjak usia lebih dari 2 tahun, sehingga kemampuan berbicaranya harusnya sudah benar. Misalnya ketika anak berbicara, “mamam” maka Anda bisa membenarkannya menjadi “makan”.

6. Kurangi Penggunaan Gadget untuk Anak

Di masa sekarang, banyak orang tua yang lebih memilih untuk memberikan gadget pada anaknya ketimbang bermain langsung. Padahal, menurut beberapa studi, penggunaan gadget pada anak untuk menonton video akan memicu keterlambatan bicara. Maka dari itu, ajak anak berinteraksi secara langsung dengan dunia sekitarnya.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara agar anak cepat bicara yang dapat Anda jadikan referensi dalam menstimulasi tumbuh kembang anak. Dengan berbagai cara di atas, kemampuan anak untuk berbicara akan lebih terpicu sehingga proses tumbuh kembangnya menjadi semakin baik.