4 Cara Mengolah Tekstur MPASI yang Tepat

Tekstur MPASI  pada setiap jangka waktu dalam fase mengenali makanan padatnya berbeda-beda. Mulai dari bubur cair hingga menjadi makanan semi padat. Hal ini sering menjadi kebingungan orangtua, khususnya kaum ibu untuk mempersiapkannya.

Nah, untuk menjawab kebingungan tersebut, maka Ibu dapat membaca beberapa cara di bawah ini agar dapat menghasilkan makanan pendamping ASI yang mempunyai tekstur yang tepat.

Cara Mengolah Tekstur MPASI

Untuk mendapatkan tekstur MPASI yang tepat memang membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Seringkali melibatkan uji coba berkali-kali agar takaran tersebut bisa dipergunakan setiap waktu.

Adapun cara-cara di bawah ini bisa dilakukan ibu untuk membantu mendapatkan tekstur makanan pendamping ASI yang sesuai dengan standar ideal.

Bubur Cair

Tekstur makanan pendamping ASI yang pertama kali diberikan kepada bayi adalah bubur yang kekentalannya mendekati cair. Namun bukan berarti sangat encer sehingga seperti air.

Ibu dapat melakukan pengolahan bahan baku dengan cara-cara di bawah ini:

  1. Buatlah bubur lunak dari sumber karbohidrat yang yang biasa digunakan misalnya beras putih, beras merah ataupun kentang.
  2. Tambahkan volume cairan 2 sampai 3 kali lebih banyak daripada membuat bubur biasa
  3. Jangan lupa tambahkan bahan tambahan misalkan sayur yang telah dicacah kecil-kecil
  4. Setelah itu diblender sampai benar-benar halus
  5. Lakukanlah penyaringan sambil menumbuknya pelan-pelan
  6. Jika dirasakan hasil saringan masih terlalu kental, maka tambahkanlah volume cairan yang sama yang tadi digunakan

Bubur Kental

Pada tekstur bubur kental yang tidak dilakukan pada langkah diatas adalah proses penyaringan dengan penambahan volume cairan. Sajian ini biasanya diberikan pada usia bayi mencapai 7 sampai 8 bulan

Bubur Kasar

Ibu dapat memperoleh bubur yang memiliki tekstur kasar dengan cara yang mudah. Pada saat pemblenderan tidak perlu sampai lembut,  tetapi cukup sebentar saja sehingga tekstur sumber karbohidrat, sayur dan proteinnya lainnya masih ada.

Nasi Tim Lunak

Ketika sudah masuk fase pemberian nasi tim lunak, Ibu tidak perlu menyiapkan bubur. Langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah nasi dengan cara diaron dan dikukus seperti biasa
  2. Ambilah 2 sampai 3 porsi kebutuhan bayi. Masukkan kedalam beberapa tempat sehingga cukup untuk satu kali penyajian.
  3. Tambahkan potongan daging kecil bisa berupa sapi ataupun ayam. Alternatif lain adalah telur rebus , tahu, dan  tempe. Jangan lupa untuk mencacah potongan sayur dalam ukuran yang cukup kecil.
  4. Masukkan pinggan tersebut ke dalam dalam dandang.
  5. Kukus selama 30 menit sampai tekstur bubur tim tersebut menjadi lebih lunak dan lembut. Termasuk juga potongan sumber protein dan sayurnya.

Sekarang ibu mengetahui cara mengolah makanan agar dapat memperoleh tekstur MPASI yang tepat. Jika dilakukan secara konsisten tentu lama-kelamaan makanan yang disajikan kepada bayi akan sesuai dengan kebutuhannya.

By admin